Jumat, 22 Maret 2013

Makalah Amerika Serikat


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Negara Maju dan Berkembang
di Benua Amerika

                
Syarifah Fauzah
IX Bilingual
Sekolah Menengah Pertama Binaan Khusus Dumai
Tahun Ajaran 2012/2013


 




Kata Pengantar
            Alhamdulillah Puji Syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas “Menjabarkan Negara Maju dan Negara Berkembang di Benua Amerika” yang terdiri dari 12 halaman.
            Penuntasan tugas ini secara keseluruhan bersumber dari media search engine seperti google, yahoo, dan Wikipedia. Dari banyak Negara yang terdapat di Benua Amerika, saya memutuskan untuk menjabarkan lebih lanjut tentang Amerika Serikat sebagai Negara maju dan Brazil sebagai Negara berkembang.
            Kedua Negara tersebut saya jelaskan dalam tugas ini karena saya ingin mendalami secara lebih detail bagaimana program dan sistem mereka sehingga dapat kita bandingkan dengan Negara kita Indonesia. Khususnya United States of America atau Amerika Serikat yang kita kenal sebagai Negara maju. Untuk itu, saya harap tugas ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
            Akhir kata, saya ucapkan banyak terima kasih kepada guru saya, Mimi Arwita S.Pd yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyelesaikan tugas ini.

Dumai,   Juli 2012  


   Syarifah Fauzah,








Daftar Isi
Kata Pengantar 2
Daftar Isi3
1.     Negara Maju (Amerika Serikat) ………………………………………4
Letak Astronomis dan Geografis………………………………………..4
Bentang Alam…………………………………………………………………….5
Agama……………………………………………………………………………….7
Indikator Negara maju yang dicapai…………………………………..8
Sistem pemerintahan……………………………………………………….11
Kerjasama dengan Indonesia……………………………………………12
Budaya…………………………………………………………………………….13
Kuliner……………………………………………………………………………..14
Wisata……………………………………………………………………………..15

2.     Negara Berkembang (Brazil)
Letak Astronomis, Batas, dan Luas………………………………….. 16
Bentang Alam…………………………………………………………………..18
Iklim…………………………………………………………………………………18
Ekonomi…………………………………………………………………………..19
Kerjasama………………………………………………………………………..19
Kebudayaan……………………………………………………………………..20
Ciri-ciri Negara berkembang yang dimiliki…………………………21
Kuliner……………………………………………………………………………..21
Wisata……………………………………………………………………………..22
Kesimpulan……………………………………………………………………..23
Penutup………………………………………………………………………....23





Pembahasan
1.       Negara Maju
o      Amerika Serikat (USA)
Amerika Serikat (United States of America - USA atau United States - U.S.) adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di Benua Amerika bagian utara dengan luas wilayah sebesar 9.826.630   km2. Pada tahun 1507, Kartografer Jerman, Martin Waldseemüller membuat peta dunia yang di dalamnya terdapat kata "America" untuk merujuk pada benua bagian barat. Penamaan ini dinamakan atas nama seorang penjelajah Italia, Amerigo Vespucci. Koloni-koloni Britania yang memerdekakan diri pertama kali menggunakan nama "United States of America" dalam proklamasi kemerdekaannya pada 4 Juli 1776. Nama ini kemudian ditetapkan pada 15 November 1777.

a.           Letak Astronomis dan Geografis
Amerika Serikat terletak di antara 24  33’LU – 70  23’ LU dan antara 172  BB - 66  BB. Negara ini berbatasan sebelah utara dengan Kanada, sebelah selatannya berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko, sebelah timurnya berbatasan dengan Samudra Atlantik dan sebelah baratnya berbatasan dengan Samudra Pasifik.









Gambar 1.1 Benua Amerika pada peta dunia











Gambar 1.2 Amerika Serikat pada Globe Dunia



G



Gambar 1.3  Pembagian wilayah di Amerika Serikat
b.      Bentang Alam
*      Danau
Danau Michigan merupakan satu-satunya danau besar yang seluruh wilayahnya berada di Amerika Serikat. Sistem Danau Besar ini adalah sistem air tawar terbesar di dunia. Ia kadang dijuluki dengan laut dalam daratan (inland seas). Danau Besar ini  berakhir di Samudra Atlantik melalui Sungai St. Lawrence.
Danau ini memiliki volume air terbesar kedua dan area terbesar ketiga (seluas 22.400 mil² atau 58.000 km²); dan
                Gambar 1.4 Danau Michigan, USA
satu-satunya yang seluruh kawasan danau masuk dalam wilayah Amerika Serikat. Setelah Danau Victoria di Afrika, maka Danau Michigan menduduki urutan keempat terbesar di dunia.
*      Gunung Berapi
Gunung St. Helens adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Skamania County, Washington, Amerika Serikat. Gunung ini adalah bagian dari Barisan Pegunungan Cascade dan dahulu pernah dikenal dengan nama Louwala-Clough (dari bahasa daerah yang berarti "gunung api atau berasap").

Gambar 1.5 Gunung Berapi St. Helens, USA

Gunung ini paling terkenal akan letusannya yang  terjadi pada 18 Mei 1980. Letusan tersebut merupakan letusan gunung berapi terparah baik dari segi kekuatan letusan maupun kerugian ekonomi sepanjang sejarah Amerika Serikat. 57 orang tewas, dan puncak gunung berkurang dari 2.950 meter menjadi 2.550 m. Lokasi letusan kini menjadi kawasan Monumen Nasional Gunung Berapi Gunung St. Helens. Gunung ini adalah salah satu gunung berapi dalam Lingkaran Api Pasifik.
*      Gunung
Gunung Hood adalah sebuah gunung berapi tipe stratovolcano di sebelah utara Oregon, wilayah Pasifik barat laut Amerika Serikat. Berjarak sekitar 100 km (60 mil) dari Portland. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Oregon. Gunung ini dapat terlihat dari Portland, Oregon dan dari Vancouver, Washington.

         Gambar 1.6 Gunung Hood, dengan ketinggian  3429 m.
Gunung Hood hanya kalah dari Gunung Fuji dalam hal banyaknya pendaki yang mencapai puncaknya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Hood yang memiliki wilayah seluas 4.900 km². Terdapat lima wilayah ski di gunung ini, termasuk satu-satunya wilayah ski di Amerika Utara yang buka 12 bulan dalam setahun.

*      Kepulauan
Kepulauan Hawaii Barat Laut, atau disebut juga Kepulauan Leeward, adalah kepulauan dan atoll di bagian barat laut [Kepulauan Hawaii]. Kepulauan ini merupakan bagian dari negara bagian Hawaii, Amerika Serikat, kecuali Atoll Midway. Kepualaun Hawaii Barat Laut memiliki luas sebesar 8.0485 km2.
  Gambar 1.7 Kepulauan Hawaii
*      Sungai
Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Memiliki panjang 3,734 km (2,320 mil) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Nama "Mississippi" berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "bapak air."

Gambar 1.8 Danau Itasca yang menjadi sumber
 sungai Mississippi

*      Pegunungan
Pegunungan San Gabriel terletak di utara Los Angeles County, California, Amerika Serikat. Barisan pegunungan ini membentuk perbatasan antara Greater Los Angeles Area dan Gurun Mojave dan dikelilingi oleh Hutan Nasional Angeles. Puncak tertinggi barisan ini adalah Gunung San Antonio (3067 meter) yang biasa disebut sebagai Mt. Baldy. Mount Wilson (1740 meter) juga merupakan salah satu puncak terkenal. Di sini terdapat Observatorium Gunung Wilson.
Gambar 1.8 Pegunungan San Gabriel,Salah
satu pegunungan di USA.


c.    Agama
Jumlah pemeluk Kristen di AS terus menurun. 86,2% menyebut dirinya Kristen pada 1990 dan 76,5% menyebut dirinya Kristen pada 2001 (ARIS 2001). Anggota keagamaan pada 2001 ialah Protestan 52%, Katolik 24,5%, tidak ada 13,2%, Yudaisme 1,3% dan 0,5-0,3% Islam, Buddha, Agnostik, Ateis, Hindu dan Universalis Unitarian. Ada perbedaan besar di antara mereka yang memeluk suatu agama dan mereka yang merupakan anggota tempat ibadah agama itu. Angka Biro Sensus (file PDF) menunjukkan bahwa keanggotaan tempat ibadah pada 2004 ialah 33% Kristen Protestan, 19% Katolik Roma, 4% Yahudi dan 44% agama lainnya.

d.      Indikator “Negara Maju” yang dicapai
Amerika serikat memiliki ciri ciri atau mempunyai indikator atau tolak ukur yang mencukupi sesuai sehingga layak disebut sebagai maju :

1.  Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual, diekspor.
Sebagai negara kontinental, Amerika Serikat mempunyai lahan yang masih sangat luas, bahkan dapat dikatakan hampir 47% lahan di Amerika Serikat masih digunakan untuk lahan pertanian. Dalam pelaksanaannya, lahan - lahan tersebut dikonsentrasikan dalam beberapa produk unggulan, seperti berikut ini.
1.  Kawasan lahan gandum yang disebut wheat belt, dapat dibedakan atas gandum musim dingin (winter wheat) yang terletak di daerah Kansas dan gandum musim semi (spring wheat) yang terletak di Montana, North Dakota, dan South Dakota.
2.  Kawasan lahan kapas yang disebut cotton belt dan merupakan penghasil kapas terbesar di dunia, terdapat di Texas, Alabama,Georgia, dan Lousiana.
4.  Kawasan lahan jagung yang disebut corn belt, terletak di daerah Ohio, Iowa, Minnesotta, Missouri, dan Indiana.
Selain pola pertanian per kawasan tersebut, Amerika Serikat juga mengembangkan pertanian secara umum, seperti perkebunan tembakau di Tennesse dan Virginia, perkebunan tebu di muara Sungai Mississippi, serta sayuran dan buah - buahan.
Peternakan sangat maju dan telah lama dikembangkan di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan Amerika Serikat banyak memiliki area padang rumput (praire) yang sangat luas. Adapun hewan ternak utama adalah sapi, kuda, biri - biri, babi, dan unggas. Hasil ternak utama adalah daging, kulit, wol, susu, dan telur. Adapun perikanan diusahakan secara besar - besaran di wilayah Samudra Atlantik.
Bidang pertambangan merupakan salah satu kegiatan yang telah lama dikembangkan di Amerika Serikat. Dengan kemampuan sumber daya manusia dan peralatan modern yang dimilikinya, Amerika Serikat mampu mengolah sendiri kekayaan alamnya. Berikut ini beberapa bahan mineral utama di Amerika Serikat.
1.  Batubara; merupakan bahan tambang mineral terbesar di Amerika Serikat. Lokasi penambangannya membentang dari Alabama hingga Pensylvania.
2.  Minyak bumi; cadangan minyak bumi Amerika Serikat juga tergolong besar, daerah pertambangannya tersebar di Ohio, Texas, Oklahoma, Pensylvania, dan California.
3.  Bijih besi; banyak diusahakan di sepanjang Pegunungan Mesabi (Mesabi Range) di dekat Danau Superior.
4.  Emas; terdapat di Nevada, Sacramento, dan Colorado.
5.  Tembaga, timah, dan bouksit; banyak diusahakan di Arkansas, Arizona, dan Montana.
Perindustrian telah berkembang dan bahkan saat ini dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian di Amerika Serikat. Berikut ini beberapa industri besar di Amerika Serikat.
1.  Industri baja di Pittsburgh, Chicago, Birmingham, dan Cleveland.
2.  Industri kilang minyak di Texas dan Oklahoma.
3.  Industri tembaga di Montana.
4.  Industri tekstil di Georgia dan Carolina.
5.  Industri pesawat terbang, mobil, dan peralatan militer di Seatle dan Los Angeles.
6.  Industri mesin pertanian di Waterivo.
7.  Industri wol dan sutra di Pensylvania, Massachussets, New Jersey, dan South Carolina.


2. Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern.
AS menjalankan sistem ekonomi kapitalis. Pertumbuhan ekonomi negara ini kokoh di permukaannya, pengangguran dan inflasi rendah, dan defisit perdagangan yang rendah (berarti AS membeli lebih banyak barang dari negara lain daripada menjual).
Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya, artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia.

Hampir semua negara di dunia ini menjalin hubungan dagang dengan Amerika Serikat. Amerika Serikat mengekspor mesin - mesin, otomotif, pesawat terbang, barang elektronika, bahan - bahan makanan dan minuman olahan, persenjataan, alat-alat kedokteran, bahan-bahan kimia, dan obatobatan, serta masih banyak lagi. Namun Amerika Serikat masih ada impor yang berasal dari negara - negara sedang berkembang berupa bahan - bahan baku industri, seperti minyak dan gas, kayu, kopi, gula, karet, dan berbagai bahan baku industri lainnya.

Mitra dagang AS antara lain :
   Kanada
   Meksiko
   Negara Eropa
   Negara industri Asia, seperti Jepang, Taiwan, India, Korea Selatan, dan RRC
Negara ini memiliki banyak sumber daya mineral, seperti emas, minyak, batu bara dan endapan uranium. Pertanian membuat negara ini berada di antara produsen utama, di antara lainnya, jagung, gandum, gula dan tembakau. AS memproduksi mobil, pesawat terbang dan benda elektronik. Sekitar 3/4 of penduduk AS bekerja di industri jasa.
3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat.
Sebagai negara maju yang sangat dominan di percaturan dunia, Amerika Serikat memiliki banyak kota terkenal. Beberapa kota terkenal tersebut, antara lain berikut ini.
1.  Washington, D.C., merupakan pusat kendali pemerintahan Amerika Serikat sekaligus letak istana kepresidenan.
2.  New York, merupakan kota terbesar sebagai pusat perdagangan dunia, di kota ini berdiri gedung pusat perdagangan dunia (World Trade Center Building/WTC) dan pusat pasar bursa dunia (The New York Stock Exchange/NYSE). Di kota ini juga terdapat markas besar PBB.
3.  Los Angeles, merupakan kota terbesar kedua dan berperan sebagai kota pusat industri perakitan, komunikasi, keuangan, dan busana. Lalu lintas pelabuhan udaranya merupakan yang terpadat di Amerika Serikat. Kota ini juga merupakan pusat industri pesawat terbang dan perlengkapan militer.
4.  Chicago, merupakan kota terbesar ke tiga. Kota ini dikenal sebagai pusat pemotongan hewan ternak, pusat pengecoran logam dan baja, produsen alat-alat kedokteran, perlengkapan perkeretaapian, sabun, cat, kosmetika, mesin - mesin industri, dan perlengkapan olah raga.
5.  Philadelphia, pusat industri kimia, obat - obatan, pengolahan makanan, dan barang-barang cetakan. Kota ini juga terkenal karena kemajuannya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mengantarkan Philadelphia sebagai kota pusat industri kesehatan utama di Amerika Serikat.
4. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi.
5. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi.

Amerika Serikat memiliki banyak lembaga-lembaga swasta dan publik pendidikan tinggi yang kompetitif, serta masyarakat lokal masuk perguruan tinggi dengan kebijakan terbuka. Dari jumlah penduduk Amerika yang berumur diatas dua puluh lima tahun, sekitar 84,6% lulus dari sekolah menengah umum, 52,6% dari mereka masuk ke beberapa perguruan tinggi, dan sekitar 27,2% memperoleh gelar sarjana, dan 9,6% memperoleh gelar sarjana muda. Hampir seluruh rakyat amerika tidak ada yang buta huruf mencapai sekitar 99% dari total keseluruhan. Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan Amerika Serikat sebuah indeks Pendidikan 0,97, yang berada pada peringkat 12 di dunia.

Rangking universitas dunia di Amerika Serikat juga sangat bagus dari 50 Universitas terbaik di dunia 39 diantaranya berada di amerika serikat dan 15 universitas terbaik dunia juga berada di Amerika Serikat. Universitas itu antara lain ialah Massachusetts Institute of Technology, juga dikenal sebagai MIT, adalah pribadi universitas riset yang berlokasi di Cambridge , Massachusetts yang merupakan universitas peringkat pertama dunia, Universitas Harvard yang berlokasi di Cambridge , Massachusetts adalah tertua lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Sejarah Harvard, pengaruh, dan kekayaan telah membuat salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan peringkat ketiga ialah universitas Stamford.

6. Sifat kemandirian masyarakatnya tinggi.
7. Tidak tergantung pada alam.
8. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
9. Angka harapan hidup tinggi.
10. Intensitas mobilitas tinggi.
11. Pendapatan Perkapita
Pendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Namun demikian, tingginya pendapatan perkapita bukan penentu kemakmuran suatu negara. Meskipun negara itu pendapatan perkapitanya tinggi, namun jika terjadi perang saudara di dalam negara tersebut, maka tidak dapat disebut sebagai negara makmur/sejahtera. Karena dengan adanya peperangan banyak menimbulkan kematian, penderitaan, dan rasa tidak aman.

e.      Sistem Pemerintahan
Sistem pemerintahan Amerika Serikat adalah antitesa sistem pemerintahan di Inggris yang Monarchy (kerajaan). Amerika Serikat terbentuk dari reaksi sekelompok bangsawan Inggris, pengusaha dan pengacara untuk merumuskan sebuah Negara tanpa raja. Kekuasaan berada ditangan rakyat (demokrasi).

Gambar 1.9 JFK, Presiden ke
35 USA


Gambar 1.10 Capitol Hill sebagai kantor kongres United States of America

Pokok-pokok sistem pemerintahan Amerika Serikat adalah:
                                  i.            Amerika Serikat adalah negara republik dengan bentuk federasi (federal) yang terdiri atas 50 negara bagian
                                ii.            Adanya pemisahan kekuasaan yang tegas antara eksekutif, legislatif dan yudikatif.
                              iii.            Kekuasaan eksekutif dipegang oleh presiden.
                               iv.            Kekuasaan legislatif berada pada parlemen yang disebut kongres.
                                 v.            Kekuasaan yudikatif berada pada Mahkamah Agung (Supreme Court) yang bebas dari pengaruh dua badan lainnya.
                               vi.            Sistem kepartaian menganut sistem dwipartai (bipartai).
                             vii.            Sistem pemilu menganut sistem distrik
                           viii.            Sistem pemerintahan negara bagian menganut prinsip yang sama dengan pemerintahan federal.

f.        Kerjasama dengan Indonesia
1.      Bidang diplomatic
Masing-masing Negara menempatkan duta besar sebagai perwakilannya.
2.      Bidang social ekonomi
·         Amerika serikat banyak membantu Indonesia dalam proses pembangunan di segala bidang, baik melalui CGI, maupun badan-badan Internasional lainnya.
·         Amerika Serikat turut aktif dalam menanamkan modalnya di Indonesia.
3.      Bidang perdagangan
·         Impor dari Indonesia yaitu kayu lapis, karet, minyak bumi, timah, pakaian jadi, hasil-hasil kerajinan dan kopi.
·         Ekspor ke Indonesia yaitu perlengkapan persenjataan, pesawat terbang, mesin-mesin, bahan-bahan kimia, dan alat transportasi.
4.      Bidang pendidikan dan kebudayaan
·         Pertukaran pelajar dan mahasiswa di kedua Negara
·         Banyak mahasiswa dan dosen Indonesia melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat pada bidang kedokteran, ekonomi, politik, dan teknologi. Sedangkan mahasiswa Amerika Serikat banyak yang mempelajari seni dan budaya Indonesia.
·         Di Jakarta telah didirikan Perhimpunan Persahabatan Indonesia Amerika Serikat.
5.      Bidang Perhubungan
·         Maskapai penerbangan Indonesia melayani rute penerbangan ke Amerika Serikat. Demikian sebaliknya, maskapai Penerbangan Amerika Serikat melayani rute ke Indonesia
·         Kerja sama peluncuran satelit Palapa untuk kepentingan komunikasi di Indonesia.

g.      Budaya
ü Teknologi
Tingkat kebudayaan Amerika Serikat tergolong maju. Hal ini terbukti dengan kemajuan teknologinya. Amerika Serikat  dan Rusia merupakan negara pionir dalam penyelidikan dan penjelajahan luar angkasa, di samping itu Amerika Serikat juga ahli dalam bidang persenjataan mutakhir.
ü Perusahaan Search Engine
Silicon Valley adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor.

Gambar 1.11 Silicon Valley,
pusat perusahaan  teknologi, California

 Perusahaan-perusahaan yang sekarang menghuni Lembah Silikon, di antara lain adalah:  Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!.

ü Film
Amerika Serikat merilis film yang jumlahnya sangat banyak. Pusat film Amerika Serikat berada di Hollywood, California. Daftar sebagian film USA tahun 2010 - 2011:
ü  127 Hours, 8: The Mormon Proposition
ü  The A-Team         
ü  Alice in Wonderland       
ü  All Good Things   
ü  Alpha and Omega           
ü  The American      



h.  Kuliner
           Masakan Amerika Serikat adalah jenis kuliner yang berkembang di negara-negara bagian Amerika Serikat, mulai dari daratan utama sampai kepulauan Hawaii. Masakan-masakan Amerika Serikat sudah populer di berbagai negara di dunia seiring ekspanasi ekonomi dan gerai-gerai restoran Amerika yang menjual hamburger, kentang goreng, hot dog, pizza (dengan khasnya sendiri) dan barbecue.
ü Hamburger
Hamburger seringkali berupa roti dengan daging sapi, lettuce, bawang bombay, dan lain-lain sebagai isinya.



ü French fries.
Kentang goreng adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas. Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French fries.



ü Hot Dog

Hot dog adalah suatu jenis sosis yang dimasak atau diasapi dan memiliki tekstur yang lebih halus serta rasa yang lebih lembut dan basah dari pada kebanyakan sosis.








i.        Wisata
Berikut Tempat Wisata bersejarah di Amerika Serikat :
*       
Pearl Harbor Visitor Center yang terletak di Honolulu, Hawaii. Selain menyaksikan pameran, Anda juga akan diberi tiket gratis mengunjungi U.S.S. Arizona Memorial dengan sebuah perahu.

*        Taman Nasional Militer Gettysburg adalah tujuan wisata sejarah gratis di Pennsylvania. Di tempat ini, Anda bisa melihat beberapa lokasi yang menjadi saksi bisu dalam pembantaian yang pernah terjadi di tahun 1863.

*        Tempat sejarah lainnya di Pennsylvania adalah Taman Nasional Sejarah Kemerdekaaan Philadelphia.



*        Untuk masuk ke taman nasional di Colorado ini, biasanya setiap pengunjung wajib mengeluarkan biaya. Di sini Anda bisa melihat tebing spektakuler dari leluhur orang-orang Pueblo.
*        ada 38 situs Nez Perce yang Anda temukan di empat negara bagian Idaho, Montana, Oregon, dan Washington.






2.       Negara Berkembang
*    Brazil
o    Ibu kota                   : Brasília
o    Kota terbesar                      : São Paulo
o    Bahasa resmi                      : Bahasa Portugis
o    Pemerintahan                     : Republik federal
o     -      Presiden                      : Dilma Rousseff
o     -      Wakil Presiden            : Michel Temer
o Lagu kebangsaan         : "Dengarlah Tangisnya Iparanga"
o Agama                           : Katolik
o    Kemerdekaan                     : Dari Portugal
o     -      Dideklarasikan            : 7 September 1822
o     -      Diakui             : 29 Agustus 1825
o     -      Republik                      : 15 November 1889
o    Luas :                                 
o     -      Total    9,014,077 km2
o     -      Air (%)             0,97%
o    Penduduk :                         
o     -      Perkiraan 2010 , 192.040.996
o     -      Kepadatan, 22/km2
o    Mata uang                          :Real (BRL)

 Negara Brasil terdiri dari 23 negara bagian, 3 daerah Khusus, dan satu distrik federal. Kepala Negara dan pemerintahan adalah presiden yang dipilih untuk masa bakti selama 6 tahun.

            Dewan pemilihan presiden terdiri atas para anggota kongres nasional dan badan legislatif negara bagian. Kongres nasional terdiri atas dua badan, yaitu senat federal yang merupakan dewan tinggi, dan dewan perwakilan atau dewan rendah. Setiap negara bagian memilih tiga orang senator untuk masa bakti 8 tahun, sedangkan anggota dewan perwakilan dipilih untuk masa bakti 4 tahun.

a.      Letak Astronomis, Batas, dan Luas
Letak Astronomis         :
Secara astronomis Negara Brasil Terletak diantara  5  LU – 34 LS dan antara  35  BB – 74 BB



Batas-batas Negara          :
a. Sebelah timur               : berbatasan dengan Samudera Atlantik
b. Sebelah Barat                           : berbatasan dengan Negara Peru dan Kolumbia
c. Sebelah utara                : berbatasan dengan Samudera Atlantik
  d. Sebelah selatan                         : berbatasan dengan Samudera Atlantik, Negara   Uruguay, Paraguay, dan Bolivia.

Luas                                   :
Luas negara Brasil adalah 8.547.404 km2. Dibanding dengan luas negara Indonesia yang luasnya 1.906.240 km2. Berarti luas negara Brasil lebih luas dibandingkan dengan luas negara Indonesia.










Ga
Gambar 2.1 Brazil pada peta dunia












Gambar 2.2  Brazil pada globe






b.      Bentang Alam
            Kenampakan alam sebagian besar wilayah Negara Brasil berupa dataran tinggi dan lembah-lembah sungai. Wilayah ini terbentang dari garis Khatulistiwa sampai ke wilayah garis balik selatan.

            Hampir separuh wilayah Brasil adalah Lembah Amazon yang panas. Lembah Amazon ini berupa bentangan hutan dan air yang amat luas. Daerah ini merupakan daerah yang paling jarang penduduknya.
Gambar 2.3 Pembagian Wilayah di Negara
Brazil
a.    Dataran Rendah
Daerah timur laut berupa daerah plato yang dikelilingi oleh dataran rendah pantai yang sempit. Daerah ini merupakan daerah yang panas dan sering terjadi kekeringan.

b.    Dataran Tinggi
Dataran tinggi tengah merupakan daerah pusat pemukiman penduduk, daerah pertanian, industri, dan perdagangan. Di daerah inilah letak kota Rio De Janeiro dan Sao Paulo.

c.    Iklim
            Berdasarkan letak astronomisnya, sebagian besar wilayah Negara Brasil beriklim tropis dan hanya sebagian kecil saja yang beriklim sub tropis. Suhu udara terpanas 37,5 . Terjadi di wilayah timur laut Negara Brasil. Di sebelah selatanya suhu terpanas mencapai sekitar 29 . Curah hujan paling tinggi mencapai 4.500 mm di daerah selatan kota Sao Paulo. Musim panas terjadi pada bulan November sampai bulan Mei, sedangkan nusim dingin terjadi pada bulan Mei sampai dengan September. Curah hujan rata-rata 2.000 mm setiap tahunnya.



d.    Ekonomi
Pendapatan per kapita Negara Brasil sebesar US$ 2.590. Pendapatan ini didukung oleh beberapa sektor antara lain sebagai berikut.
1)    Pertanian
Hasil pertanian Negara Brasil merupakan salah satu tulang punggung utama perekonomiannya. Kurang lebih 45% dari total komoditas ekspornya berasal dari hasil-hasil sektor pertanian. Peningkatan sektor ini disebabkan karena adanya kebijaksanaan pemerintah Brasil untuk menambah lahan pertaniannya. Hasil-hasil pertanian antara lain berupa kopi (merupakan hasil terbesar), padi, kapas, coklat, tembakau, kacang kedelai, jagung, dan tebu.
2)    Peternakan
Jenis-jenis peternakan yang diusahakan dan dikembangkan adalah babi, kambing, domba, dan sapi. Hasilnya berupa daging, susu, kulit, dan wol. Daerah pusat peternakan terdapat di Cuyaba.
3)    Perikanan
Kegiatan perikanan di Negara Brasil berada di sepanjang pantai Atlantik dan sungai-sungai di Amazon. Jenis ikan yang di hasilkan antara lain udang, croaken, sarden dan lobster.
4)    Pertambangan
Hasil-hasil tambangnya meliputi bijih besi (hasil besar), batu bara, perak, emas, berlian, timah hitam, forsfat, dan bauksit.
5)    Perindustrian
Sektor industri di Negara Brasil berkembang dengan pesat dan memiliki peran serta dalam menambah devisa negara. Dua pertiga kawasan industrinya terdapat di daerah Belo Horizonte, Sao Paulo, dan Rio De Jeneiro.
6)    Perdagangan
c.   Ekspor       : Kopi, tembakau, karet, kapas, gula, coklat, baja, bauksit, tekstil, bahan-bahan kimia dan baja.
d.   Impor          : Batu bara, minyak bumi, alat-alat transportasi, dan bahan-bahan karet sintetis.
e.    Kerjasama
1) Bidang Diplomatik
            Masing-masing negara menempatkan duta besar sebagai perwakilanya.
2) Bidang Pendidikan dan Kebudayaan
Indonesia sering mendatangkan pelatih sepak bola dari Negara Brasil.
3) Bidang Perdagangan
Impor dari Indonesia antara lain biji tembaga, pakaian, minyak goreng, karet alam, dan alumunium.
f.   Kebudayaan
Brazil juga cukup terkenal dengan kebudayaannya, kebudayaan yang ada di Brazil culup maju. Hal tersebut ditandai dengan munculnya para ilmuwan, teknokrat, arsitek dan seniman. Dan hal paling dikenal di masyarakat dunia adalah tarian Brazil yang sangat popular yaitu Tari Samba, sehingga Brazil sering disebut sebagai negeri Samba. Di Sao Paulo terdapat perpustakaan yang sangat terkenal yaitu The Municial Public Library. Dan tidak hanya itu Brazil juga sangat terkenal akan kehebatannya di bidang olahraga khususnya sepak bola dan tidak tanggung – tanggung Brazil pernah beberapa kali menjadi juara piala dunia sepak bola dan pemain-pemain sepak bola handal yang ada sekarang pun sebagian besar berasal dari negara Brazil.






Gambar 2.4 Parade samba di Rio de Janeiro





Gambar 2.5 Kaka, salah satu
pemain sepak bola Brazil
Gambar 2,6 The Municipal Public Library,
perpustakaan terkenal Brazil





g.      Ciri – ciri Negara Berkembang yang dimiliki :

1)    Standar Hidup yang Rendah
2)    Produktivitas yang rendah
3)    Tingkat pertumbuhan penduduk beban ketergantungan yang tinggi
Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 .
 Penduduk Negara Brasil terdiri dari orang portugis (60%), Mestizo (26%), Afrika (9%), dan lain-lain (2%). Sebagian besar penduduk Negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan biji masih dialami oleh penduduk Negara Brasil terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara.
Agama yang dianutnya sebagian besar penduduk Brasil adalah Katholik (90%), sedangkan agama yang lainnya ialah protestan, yahudi, buddha, dan lain-lain. Bahasa persaruan yang dipergunakan ialah bahasa portugis (resmi) sedangkan bahasa lainnya ialah Inggris, Jerman, dan Italia.

4)    Tingkat pengangguran yang tinggi
5)    Ketergantungan sector pertanian danekspor barang primer
6)    Ketergantungan yang kuat dalam hubungan internasional.

h.      Kuliner
Feijoada dianggap sebagai makanan nasional Brazil. Fejioda merupakan black bean yang dikukus, daging asap khususnya daging babi dan sosis asap. Biasanya disajikan dengan makanan lain seperti potongan jeruk shredded kale, nasi, singkong yang disiram mentega serta saus lada hitam dan lemon

Maniçoba adalah hidangan meriah di Brazil masakan, terutama dari Amazon wilayah. Ini adalah asal asli, dan dibuat dengan daun ubi kayu tanaman yang telah ditumbuk halus dan direbus selama seminggu (setidaknya empat hari dengan maksud untuk menghapus hidrogen sianida yang berisi).



i.      Wisata
Air Terjun Iguazu adalah nama air terjun yang berlokasi di Sungai Iguazu di perbatasan negara bagian Paraná di Brazil dan propinsi Misiones di Argentina. Air terjun ini membagi sungai menjadi bagian atas dan bawah.



Fernando de Noronha merupakan nama kepulauan yang terletak di Samudra Atlantik, terletak 354 km dari pantai timur Brasil. Pulau ini merupakan munisipalitas (distrito estatal) di negara bagian Brasil, Pernambuco.





























Kesimpulan
Amerika Serikat merupakan negara maju karena beberapa keunggulan yang patut dicontoh, seperti Amerika Serikat mampu mengolah sendiri kekayaan alamnya, perindustriannya sebagai tulang punggung perekonomian, sekitar ¾ penduduknya bekerja di industri jasa, dan masih banyak lagi. Sedangkan negara Brazil sebagai negara berkembang masih belum memenuhi indikator-indikator negara maju, seperti standar hidup dan produktivitas yang rendah, pengangguran yang tinggi, pertumbuhan penduduk yang tinggi dsb. Namun perbedaan-perbedaan yang ada pada negara maju dan berkembang ini mesti dijadikan sebagai alasan kerja sama karena keduanya pasti membutuhkan satu sama lain.

Penutup
Demikianlah pembahasan mengenai Negara Amerikat Serikat dan Brazil yang saya sampaikan dalam tugas saya ini. Saya harap materi ini dapat bermanfaat untuk kedepannya. Semoga kita semua mampu menjadikan Indonesia sebagai Negara maju yang di impikan dengan memenuhi segala indikator dan belajar dari sejarah kita dan dunia.












                                                                                             Guru Geografi                                                                           


Mimi Arwita, S.Pd
        196309111985122001



1 komentar: