Jumat, 22 Maret 2013

Karya Ilmiah Remaja. Pengaruh Olahraga Terhadap Kesehatan Remaja.



PENGARUH OLAHRAGA TERHADAP KESEHATAN REMAJA DI SMP NEGERI BINSUS DUMAI

Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh nilai mata pelajaran bahasa Indonesia


Oleh

Syarifah Fauzah
NISN 99717826902







  

SMP NEGERI BINSUS
DINAS PENDIDIKAN
DUMAI
2013




LEMBAR PENGESAHAN


Guru Pembimbing  I                                                   Guru Pembimbing II                                      


Nolilita, SPd                                                               Ernizalina, SSi
NIP. 198011162005012005                                       NIP.198007182006042028






  

  
LEMBAR PERSEMBAHAN


untuk yang tercinta
Kedua orang tua dan seluruh keluarga
Sekolah ku yang terbaik dan terindah untuk masa masa remaja ini
Bapak dan Ibu guru Khususnya ibu Nolilita sebagai guru bahasa Indonesia yang telah membuat ku berpikir keras dan banyak belajar ketika menyelesaikan makalah ini
Teman – teman di SMPN BINSUS DUMAI.
Teman-teman IX Bilingual yang tersayang dan sangat saya banggakan.
Aziza Masli, Bambang Rachmadi, Chalidah Pratiwi, Dayang Ummi H, Fachri Husaini,Hadisty Dian P, Hafidzul Halim, Hilman Septohadi, Intan Nadia Putri, Intan Permata Sari, Lulik Abdullatif, Malik Habibillah, Mahfuzan Hadi W, M. Azza Alfarizi, M. Rizqi Ananda AP, Naufaldi Izral, Nurhaj Eka Pertiwi, Risni Hasanah, Sartika Nisa, Selfia Juwita, Sokoguru Abdillah M, Suci Fatimah Juniati, Tio Nur Rizki, Yaumil Rahmad, Yudi Aditya.
Senang pernah kenal kalian =)












MOTTO
         
Mengalirlah seperti air terkadang pelan terkadang mampu mencipta badai mengalir hingga tergapai mimpi mimpi
Bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu










KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang selalu melimpahkan rahmat, hidayah dan karunia sehingga penulis bisa menyelesaikan karya tulis ini. Penulis menyadari bahwa karya tulis ini bukan semata-mata atas usaha penulis sendiri, akan tetapi berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak baik langsung maupun tidak langsung. Semoga bantuan yang telah diberikan dan segala kebaikan yang telah diberikan mendapat balasan dari Allah Subhanahu Wata’ala.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang ada dalam penulisan ini. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran agar karya tulis ini dapat lebih baik. Akhirnya dengan segala keterbatasan yang ada semoga karya tulis ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta bermanfaat untuk banyak pihak

Penulis











ABSTRAK

Penelitian ini berjudul pengaruh olahraga terhadap kesehatan remaja di SMP Negeri Binaan Khusus Dumai yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh olahraga terhadap kesehatan remaja di SMP Negeri Binaan Khusus Dumai dan menggambarkan hubungan antara olahraga dan kesehatan serta untuk mengetahui olahraga yang paling banyak digemari siswa di SMP Binaan Khusus Dumai.
 Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi yang bertujuan untuk meneliti sejauh mana suatu faktor berkaitan dengan faktor yang lain. Waktu Penelitian dilakukan ialah pada tanggal4 Februari 2013 di SMP Negeri Binaan Khusus denganPopulasi penelitian  siswa putra dan siswa putri di SMP Negeri Binaan Khusus, Dumai dari kelas VII sampai kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka (Library Research) berupa melalui buku, makalah dan internet dan penelitian lapangan (Field Research) dengan mengumpulkan data dari responden melalui kuisioner atau angket.
Hasil penelitian ini ialah olahraga juga mempunyai pengaruh yang baik terhadap kesehatan remaja di SMPN BINSUS Dumai yang terbukti dengan jarangnya siswa yang sakit karena mereka melakukan kegiatan olahraga setiap minggunya. Olahraga yang dilakukan siswa ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mereka. Adapun olahraga yang paling digemari para siswa di SMPN BINSUS Dumai ialah olahraga futsal yakni dari 72 orang siswa 33 orang berolahraga futsal yakni 45,8% dari keseluruhan responden penelitian ini. Semua remaja yang terlibat dalam penelitian ini melakukan berbagai jenis olahraga dan merasa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan mereka.














DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan    ……………………………………………………... i
Lembar Persembahan  ..……………………………………………………. ii
Motto                          ……………………………………………………..  iii
Kata Pengantar           …………………………………....... ……... ……... iv
Abstrak                       ……………………………………………... ……... v
Daftar Isi                     ……………………………………………………... vi

Bab I  PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang masalah     ………………………………………….….  1
1.2.Perumusan Masalah…………………………………………………..... 2         
1.3.Tujuan dan Manfaat Penelitian………………………………………… 3
1.3.1 Tujuan Penelitian……………………………………………………..4          
1.3.2 Manfaat Penelitian……………………………………………………5

Bab II PEMBAHASAN
2.1.  Metode Penelitian……………………………………………………..6
2.2.  Waktu dan lokasi Penelitian …………………………………………..            7
2.3.  Populasi……………………………………………………………….. 8
2.4.  Teknik Pengumpulan Data……………………………………………. 9         
2.5. Analisis Data…………………………………………………………... 10

Bab III PENUTUP
Kesimpulan………………………………………………………………… 11
Saran……………………………………………………………………….. 12

DAFTAR  PUSTAKA
LAMPIRAN



  



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.         Latar Belakang
Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga agar kita dapat terus melakukan berbagai macam kegiatan dan dapat hidup dengan baik.. Sehat adalah keadaan sejahtera seutuhnya baik secara fisik, jiwa maupun sosial, bukan hanya terbebas dari penyakit atau kecacatan. Kesehatan sangatlah penting dan tidak dapat dibeli dengan uang, Oleh karena itu, kesehatan harus selalu dijaga baik oleh anak-anak, remaja maupun lansia.
Remaja bukanlah kelompok masyarakat yang tidak menghadapi masalah kesehatan. Perilaku berisiko yang dijalani akibat tidak tepatnya keputusan yang diambil pada masa remaja yang labil menghadapkan remaja kepada masalah kesehatan. Kalangan remaja menghadapi berbagai masalah yang kompleks terkait dengan perubahan fisik, kecukupan gizi, perkembangan psikososial, emosi dan kecerdasan yang akhirnya menimbulkan konflik dalam dirinya yang kemudian mempengaruhi kesehatannya. Remaja yang mengalami gangguan kesehatan berupaya untuk melakukan reaksi menarik diri karena alasan-alasan tersebut.
Pencegahan terhadap terjadinya gangguan kesehatan pada remaja memerlukan pengertian dan perhatian dari lingkungan baik orangtua, guru, teman sebayanya, dan juga pihak terkait agar mereka dapat melalui masa transisi dari kanak menjadi dewasa dengan baik. Adapun salah satu cara pencegahan dan cara menjaga kesehatan ialah dengan berolahraga secara teratur.
Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur, yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga yang dilakukan remaja dapat merupakan kegiatan wajib di sekolah atau hobi yang dianggap sebagai sekadar rekreasi atau permainan maupun kompetisi.
Banyak orang yang belum menyadari pentingnya olahraga termasuk para remaja sehingga melakukan pola hidup yang salah seperti kurang bergerak dan berolahraga, serta kurang istirahat dan lupa makan. Banyak remaja beralasan, mereka terlalu sibuk atau malas untuk berolahraga. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Kita dapat memilihnya sesuai dengan selera atau kebutuhan kita. Karena setiap jenis olahraga mempunyai manfaat yang berbeda-beda.
Begitu banyak manfaat olah raga yang dapat kita peroleh. Secara umum manfaat olahraga pada remaja adalah membantu mengoptimalisasikan pertumbuhan dan melenturkan tubuh, membantu dalam perkembangan keterampilan fisik, sebagai latihan, sarana untuk berteman, bersenang- senang, belajar bermain sebagai anggota tim, belajar untuk bermain secara adil, meningkatkan kepercayaan diri dan juga dapat menghilangkan stress.
Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan perkembangan emosional, keterampilan dan kecakapan hidup, diantaranya ialah kecakapan bekerja sama, kecakapan komunikasi, kecakapan kreativitas, meningkatkan pengelolaan diri, melatih dalam mengatur emosi, mencegah obesitas, meningkatkan koordinasi tubuh dan mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Karena itulah, dalam makalah ini akan dipaparkan betapa pentingnya berolahraga dan pengaruhnya terhadap kesehatan para remaja.

1.2.         Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “ Bagaimanakah pengaruh olahraga terhadap kesehatan remaja di SMP Negeri Binaan Khusus Dumai?”.

1.3.         Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1.  Tujuan Penelitian
·      Untuk mengetahui pengaruh olahraga terhadap kesehatan remaja di SMP Negeri Binaan Khusus Dumai
·      Untuk mengetahui dan menggambarkan hubungan antara olahraga dan kesehatan.
·      Untuk mengetahui olahraga yang paling banyak digemari

1.3.2.  Manfaat Penelitian
a.       Secara Akademis, Penelitian ini dapat menambah dan memperkaya ilmu pengetahuan dan sumber bacaan.
b.      Secara Teoritis, Penelitian ini dapat memberikan sumbangan berkaitan dengan kajian mengenai remaja.
c.       Secara Praktis, Penelitian ini dapat menjadi bahan masukan agi pihak-pihak yang berkepentingan baik bagi siswa maupun sekolah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.  Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah metode korelasi yang bertujuan untuk meneliti sejauh mana suatu faktor berkaitan dengan faktor yang lain.
2.2.  Waktu dan Lokasi Penelitian
Waktu       : 4 Februari 2013
Lokasi       : SMP Negeri Binaan Khusus
2.3.  Populasi
Populasi penelitian ini adalah siswa putra dan siswa putri di SMP Negeri Binaan Khusus, Dumai dari kelas VII sampai kelas IX.
2.4 Teknik Pengumpulan Data
a.     Studi Pustaka (Library Research)
Dilakukan dengan cara mencari dan mengumpulkan serta mempelajari data melalui literature dan sumber bacaan yang relevan dan mendukung penelitian. Dalam hal ini penelitian kepustakaan dilakukan melalui buku, makalah dan internet.

b.     Penelitian Lapangan (Field Research)
Studi lapangan dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang meliputi kegiatan survey di lokasi penelitian dan mengumpulkan data dari responden melalui kuisioner atau angket.






2.5 Analisa Data

Berdasarkan grafik diatas dapat diketahui bahwa siswa SMP Negeri Binsus melakukan berbagai jenis olahraga. Dari 72 orang  siswa 16 orang diantaranya melakukan olahraga kasti dan 33 orang melakukan futsal. Ada 11 orang yang berolahraga basket, 6 orang siswa yang berolahraga badminton, 1 orang bersepeda, 2 orang siswa melakukan olahraga lari, 2 orang siswa main voli dan 1 orang siswa melakukann olahraga tenis
Berdasarkan grafik diatas dapat diketahui bahwa siswa yang melakukan olahraga seminggu sekali sebanyak 28 orang, sedangkan yang melakukan dua minggu sekali sebanyak 20 orang, ada pula yang melakukan olahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu yaitu 12 orang, yang melakukan empat kali seminggu sebanyak 2 orang. Adapun yang melakukan lima kali seminggu sebanyak 2 orang, sebanyak enam kali seminggu ada 5 orang dan siswa yang berolahraga setiap hari atau 7 kali dalam seminggu sebanyak 3 orang.

Tabel  Frekuensi Berolahraga dalam seminggu
No
Jenis Olahraga
Jumlah siswa yang  melakukan
(dalam seminggu)
1x
2x
3x
4x
5x
6x
7x
1
Kasti
15
1
-
-
-
-
-
2
Futsal
3
11
9
-
2
5
3
3
Basket
6
2
2
1
-
-
-
4
Badminton
2
3
1
-
-
-
-
5
Bersepeda
-
1
-
-
-
-
-
6
Lari
1
1
-
-
-
-
-
7
Voli
1
1
-
-
-
-
-
8
Tenis
-
-
-
1
-
-
-

Jumlah
28
20
12
2
2
5
3


No
Jenis Olahraga
Jumlah siswa yang  melakukan
(dalam seminggu)
1-3 x
4 - 6 x
7x (setiap hari)
1
Kasti
16
-
-
2
Futsal
23
7
3
3
Basket
10
1
-
4
Badminton
6
-
-
5
Bersepeda
1
-
-
6
Lari
2
-
-
7
Voli
2
-
-
8
Tenis
-
1
-

Jumlah
60
9
3

Berdasarkan tabel diatas dapat diketahui bahwa 60 orang siswa berolahraga 1-3 kali dalam seminggu. 9 orang siswa berolahraga antara 4-6 kali seminggu dan hanya 3 orang siswa yang berolahraga setiap hari atau 7 kali seminggu.

Berdasarkan  grafik diatas, dapat diketahui bahwa siswa ada 37 siswa yang tidak pernah atau tidak ada sama sekali mengalami sakit dalam sebulan, ada 12 siswa yang tidak tentu sakitnya dalam sebulan, ada 15 orang yang mengalami sakit 1 kali dalam sebulan. Ada  7 orang yang mengalam sakit 2 kali dalam sebulan. Dan ada seorang siswa yang mengalami 3 kali sakit dalam sebulan.



Tabel  Jumlah siswa yang sakit (dalam sebulan)
berdasarkan jenis olahraga yang dilakukan
No
Jenis Olahraga
Jumlah siswa yang sakit (dalam sebulan)
1x
2x
3x
Tidak tentu
Tidak ada
1
Kasti
5
2
1
5
3
2
Futsal
7
2
-
4
20
3
Basket
-
-
-
1
10
4
Badminton
3
1
-
2
-
5
Bersepeda
-
-
-
-
1
6
Lari
-
-
-
-
2
7
Voli
-
2
-
-
-
8
Tenis
-
-
-
-
1

Jumlah
15
7
1
12
37







          Berdasarkan grafik diatas dapat diketahui bahwa sebanyak 72 orang merasa olahraga bermanfaat bagi kesehatannya. Dan tidak ada siswa yang merasa olahraga tidak bermanfaat.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

          Olahraga juga mempunyai pengaruh yang baik terhadap kesehatan remaja di SMPN BINSUS Dumai yang terbukti dengan jarangnya siswa yang sakit karena mereka melakukan kegiatan olahraga setiap minggunya Olahraga yang dilakukan siswa ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mereka. Adapun olahraga yang paling digemari para siswa di SMPN BINSUS Dumai ialah olahraga futsal yakni dari 72 orang siswa 33 orang berolahraga futsal yakni 45,8% dari keseluruhan responden penelitian ini. Semua remaja yang terlibat dalam penelitian ini melakukan berbagai jenis olahraga dan merasa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan mereka.

3.2 Saran

Kesehatan memungkinkan kita melakukan berbagai aktivitas oleh karenanya kesehatan harus dijaga antara lain dengan berolahraga dengan teratur. Sebagai remaja kita harus mulai peduli dengan kesehatan kita agar tidak sering sakit dan harus mulai menjaga kesehatan dan berolahraga agar pada masa mendatang tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan. Karena itu, jangan pernah lupa berolahraga dan harus mulai menjalan ipola hidup yang sehat sejak dini agar kita tidak menyesal dikemudian hari.











DAFTAR PUSTAKA
http://setyawanaditya24.blogspot.com/2012/04/artikel-kesehatan-pengaruh-olahraga.html
http://ws-or.blogspot.com/2013/01/manfaat-olahraga-bagi-remaja.html



























LAMPIRAN
1.      Apakah olahraga yang sering anda lakukan?
a.       Kasti                b. futsal           c. basket          d. lainnya….
2.      Dalam seminggu berapa kali anda melakukan olahraga tersebut?
a.       1          b. 2     c. 3                  d. lainnya……
3.      Berapakah berat badan anda saat ini?.......
4.      Dalam sebulan berapa kali anda mengalami sakit?
a.       Tidak ada        b. 1      c. 2      d. lainnya……
5.      Apakah anda merasa olahraga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda?
a.       Iya       b. tidak


1 komentar: